Senin, 21 September 2015

Penyisihan Schematics NPC 2015, Unexpected

Motivasi awal saya ikut NPC sih sebenernya karena mau balas dendam kekalahan di Compfest, sekaligus mau ngetes kemampuan programming (baca : uji nyali) sama mau sedikit "penyegaran" di bidang competitive programming.

Untuk sesi latihan, saya ga banyak ngerjain, karena akhir-akhir ini kesibukan saya sedang cukup tinggi (ceilah), tapi di hari H lomba sih bela-belain luangin waktu.

Berhubung ga banyak kerjain soal latihan dan ga ikut sesi warming up, jadi langsung ke babak penyisihan aja deh.

Awalnya sih agak kaget juga karena ternyata soalnya pakai sistem nilai parsial (awalnya ngira pakai sistem kayak ICPC), dan waktunya ternyata 3 jam, bukan 5 jam. Sempet telat start contest karena keasikan ngelakuin sesuatu sambil nunggu jam 3, dan di awal kontes pakai strategi seperti biasa. Buka semua soal yang ada, skimming, cek mana yang kira-kira solvable.

Dari 6 soal, ada 2 kandidat soal yang mau dikerjain di awal, yaitu "Pilkada Schematics" dan "Eefun dan PC". Berhubung soal "Eefun dan PC" itu ada geometri-geometrinya, saya putuskan untuk mulai kerjakan soal "Pilkada Schematics". (OK, saya menyesal di sini).

Soal ini ternyata lebih menyebalkan daripada dugaan saya. 90 menit lebih coding + debugging hanya berhasil mendapat RTE atau WA (saya salut dengan pembuat testcasenya atas testcase yang "indah" ini). Setelah saya pikir-pikir lagi, saya memutuskan untuk mencoba soal "Eefun dan PC".

Dalam situasi desperate begitu, saya hanya mencoba untuk menyelesaikan subtask 1 (5 poin), saya coba-coba brainstorming dan mencoba memainkan absolute value. Setelah saya baca lagi persayaratan subtask 2, saya pikir rumus saya sudah hampir benar untuk subtask tersebut. Dengan sedikit perombakan, akhirnya dapat juga AC 100 poin pertama saya di kontes ini :).

Setelah itu, saya liat waktu tersisa 1 jam lagi, dan berhubung saya sedikit pusing, saya memutuskan untuk beristirahat sekitar 5 menit sebelum melanjutkan kontes.

Sesudah istirahat, saya memutuskan untuk mencoba soal "???KOTAK" (yang mana juga soal geometri-like). Saya mencoba-coba memikirkan pruningnya dan mencari solusi yang paling efisien (sebenarnya sih saya incar solusi O(1), entah ada atau tidak :D). Saya merasa solusi-solusi yang saya desain sangat "naif" dan saya berulang kali merombak solusi saya (dan bodohnya saya baru menemukan solusinya 4 jam setelah kontes selesai). Sisa 9 menit, akhirnya saya menyerah karena sudah sangat pusing dan sulit berkonsentrasi lagi. Sambil menatapi grup Facebook NPT, saya menanti kontes selesai.

Akhirnya saya finish dengan nilai 100/600. Sangat tidak aman, saya rasa. Tapi semoga saja...

2 komentar:

-Mohon untuk tidak spam di komentar-