Kamis, 18 Juni 2015

Calm down...you can do it!

"Meskipun kau ingin melakukan sesuatu yang buruk pada seseorang karena suatu alasan, setidaknya, tenangkanlah dirimu terlebih dahulu. Dengan itu, kau akan mampu berpikir lebih jernih dalam menghadapi masalah tersebut. "
Seringkali saya mendapatkan masalah ketika saya gagal menenangkan diri saya.
Misalnya saja, saat OSK bulan Februari lalu, saya yang sudah overconfident saat mengerjakan soal, ketika membahas soal dengan teman saya, banyak kesalahan konyol yang saya lakukan. Untungnya, saya masih lolos, karena poin saya masih lumayan.
Konyolnya, hal itu terulang lagi saat Pra OSP. Namun kali ini, bukan karena over confident, hanya saja saya terlalu tergesa-gesa. Akibat hal itu, hilanglah 4 poin yang berharga (untungnya saya masih lolos, meski di peringkat bawah).
Dan puncak kekonyolannya, hal itu terulang lagi saat OSP. Saya yang panik saat melihat soal dengan tingkat kesulitan yang "wow", dengan bodohnya melakukan brute force utk soal yg sebenarnya cukup mudah, apabila dipikirkan baik-baik.
Sayangnya, keberuntungan tak lagi berpihak pada saya. Saya tidak masuk 7 besar DKI (dan saya juga tak yakin masuk 77 besar nasional). Kecerobohan yang fatal akibat panik.
Namun sepertinya tidak hanya saat olimpiade saja, dalam keseharian pun seringkali saya melakukan kesalahan-kesalahan konyol (yang seharusnya bisa dihindari apabila saya lebih tenang).
Dan sekarang saya berusaha untuk membuat saya lebih tenang, tidak panikan.
Semoga saya bisa...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-Mohon untuk tidak spam di komentar-