Jumat, 22 Mei 2015

Saya dan Pemrograman

Awal perkenalan saya dengan dunia pemrograman,bisa dibilang berkat obsesi (?) saya terhadap game saat masih SD.
Disaat orang seumuran saya menikmati game,saya malah mengajak beberapa teman saya untuk membuat sebuah game dengan engine RPG Maker VX(yang akhirnya jadi NEP alias Never Ending Project).Disitu saya mulai belajar logika dasar pemrograman,setidaknya,conditional branch,variable manipulation,dan lain-lain,meskipun tidak benar2 memprogram.
Lalu di SMP,kemampuan tersebut semakin terasah di pelajaran TIK (tepatnya,saat pelajaran tentang syntax Excel untuk Conditional Branch).
Juga,saat SMP,saya mencoba-coba belajar VB,HTML,PHP,SQL,CSS dan Javascript,tapi akhirnya gagal karena tidak terarah pembelajarannya.
Dasar logika pemrograman itu pun juga diperkuat dengan dasar matematika (Thanks to beberapa teman sekelas saya yang mengajarkan saya matematika olimpiade,meskipun seringkali gagal paham).
Lalu di SMA,minat saya kepada pemrograman semakin membesar.Saya rasa,inilah saatnya untuk menggali potensi saya semaksimal mungkin,berkat OSN Informatika.
Saat mendengar cabang tersebut ada di OSN,saya langsung mencari guru saya untuk bertanya tentang keikutsertaan dalam bidang ini,beserta 2 teman saya.
Mulai dari situlah,saya benar-benar serius mendalami pemrograman.Saya belajar struktur bahasa Pascal,memecahkan pseudocode,dan berlatih pemrograman dasar (Thanks to TOKI Learning Center).
Hingga sekarang,saya masih terus belajar pemrograman,yg lebih saya arahkan ke competitive programming,demi mewujudkan impian jangka pendek saya,menjadi medalis OSN.
Sekian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

-Mohon untuk tidak spam di komentar-